Resin Gaharu Original

Natural Resin of Agarwood

Harga Resin Gaharu AlamiJika pohon penghasil gaharu mengalami proses infeksi sempurna secara alami dan berlangsung selama puluhan bahkan ratusan tahun sehingga pohon tersebut sudah tidak tahan lagi dan akhirnya mati, mengering, dan mengeras, maka resin akan berkumpul dan menggumpal dengan sendirinya dalam inti pohon seperti aspal.

Resin inilah yang dikenal dalam dunia gaharu dengan istilah “hearthwood” atau “natural resin”. Kalau di dalam istilah SNI kita adalah “Damar Wangi Gaharu”, seringkali disebut: resin alami, inti gaharu, jernang, getah, yah istilahnya macem-macem dan bentrok-bentrok, seringkali bikin puyeng. Yah namanya juga belajar.

Beberapa kawan saya di negara sahabat mengkonfirmasinya sebagai Kynam, Qi-nan, Kyara, namun diperlukan penelitian lab lebih lanjut untuk mengetahui kandungannya secara spesifik yang berimbas kepada kualitas, efek medis, dan harganya.

Yang pasti aromanya semriwing, extraordinary, dan harganya (ehem! uhuk!) cukup lumayan. Gaharu high class ini biasanya digunakan sebagai obat atau bahan campuran obat.

Oleh karena kemurnian, kandungan, fungsi medis, dan kelangkaannya inilah maka menjadikannya wajar jika harganya pun dapat bekali-kali lipat melebihi harga kelas gaharu biasa kelas atas. Wallohu A’lam! Semoga bermanfaat! Aamiin!