Istilah Dalam Gaharu

Istilah Dalam Dunia Gaharu

Gaharu FosilFosil Gaharu. Adalah jenis gaharu yang super langka dan super super jarang sekali ditemukan. Gaharu fosil ini terbagi kedalam: fosil kayu, fosil resin, atau fosil kayu dan kayunya sekaligus.

Resin Gaharu. Adalah bagian gaharu yang seluruhnya telah menjadi resin/minyak sehingga hampir tidak ditemukan jejak bagian kayunya lagi. Gaharu Resin ini termasuk sangat langkaResin Gaharu Asli dan jarang sekali ditemukan sehingga belum tentu setiap orang pernah memegang dan membakarnya. Gaharu jenis ini terbagi kedalam dua yaitu: Gaharu Resin Alami dan Gaharu Resin Buatan/Ekstraksi/Tembakan. Gaharu Resin Buatan sering disebut juga sebagai Resin Gaharu Tembakan. Atau disebut Getah Gaharu Tembakan. Prosesnya adalah dengan cara mGetah Gaharu Tembakanengekstraksi resin dari kayu gaharu biasa dengan cairan kimia. Harga gaharu resin alami bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah per kg-nya. Sementara gaharu resin tembakan/ekstraksi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan saja per kg-nya.

Kayu Gaharu. Adalah gaharu yang masih dalam bentuk kayu dan mengandung resin atau minyak. Banyak sedikitnya resin/minyak menentukan kualitas dan harganya. Kayu Gaharu ini dikelompokkan kedalam dua golongan yaitu Gaharu Kayu Alam/Liar dan Gaharu Budidaya. Gaharu kayu dikelompokkan lagi berdasarkan klasifikasi kualitasnya kedalam tiga golongan: Gubal, Kemedangan, dan Abu.

Gubal. Gubal dalam dunia gaharu lebih diidentikkan dengan kayu gaharu yang terinfeksi dan hampir seluruh bagian kayunya mengandung resin namun secara struktur masih berupa kayu.

Definisi GubalKemedangan. Adalah kayu gaharu yang tidak terkena infeksi secara langsung namun memiliki efek dari infeksi tersebut sehingga tetap memiliki aroma gaharu namun tidak sekuat dan sebanyak gubalnya.

Abu. Adalah sisa-sisa kayu gaharu dalam proses carving. Biasanya digunakan untuk bahan utama dupa untuk dicampur dengan bahan lainnya.

Gaharu Buaya. Adalah istilah untuk jenis gaharu kelas bawah namun masih memiliki nilai ekonomis. Biasanya digunakan sebagai bahan baku kerajinan, souvenir, tasbih, dan lain sebagainya. Minyak gaharu buaya sering dijadikan campuran minyak gaharu sehingga disebut sebagai minyak gaharu campuran alias bukan minyak gaharu murni.

Carving. Adalah proses pengerikan atau pembersihan gubal kayu dari kemedangannya.

Grading. Adalah sistem atau metode pengelompokkan atau pengklasifikasian gahru berdasarkan kualitanya.

Inokulasi.

Inokulan.

Sinking.