Harga Gubal Gaharu 2015

Harga Kayu Gaharu 2015

Harga Kemedangan GaharuMengapa harga gaharu itu kesannya seperti tidak menentu, ditutup-tutupi, remang-remang, atau bahkan cenderung gelap? Mungkin kita beranggapan jika hal tersebut merupakan suatu kesengajaan, dan boleh jadi memang demikian. Namun kita pun harus objektif karena memang tidaklah mudah membuat standarisasi harga gaharu.

Beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah sebagai berikut: Pertama. Ketidakseragaman sistem grading. Kedua. Ketidakseragaman istilah. Ketiga. Keberagaman teknis budidaya mempengaruhi keberagaman kualitas hasil. Keempat. Keberagaman kualitas hasil budidaya itu sendiri. Kelima. Ketiadaan tolak ukur standar penentuan mutu.  (Selebihnya silahkan rekan-rekan tambahkan pada komentar dibawah artikel ini).

Kami mencoba mengklasifikasikan kelas gaharu terbaru berdasarkan ijtihad yang kami miliki:

1. Gaharu Kelas Fosil/Fossil
2. Gaharu Kelas Resin (Inti)/Heartwood
3. Gaharu Kelas Kayu (Gubal, Kemedangan, Abu)/Resinous Wood

Untuk Kelas Kayu Gaharu harga yang pernah terjadi transaksi sangat bervariasi tergantung kualitasnya. Karena terlalu banyak kelas turunan dari Gaharu Kelas Kayu ini maka untuk sementara tidak kami sampaikan disini. Karena secara umum Kelas Gaharu Kayu ini terbagi kedalam dua golongan besar yaitu: Kayu Gaharu Alam/Liar dan Kayu Gaharu Budidaya/Inokulasi. Tentunya pengaturan harganya tidak dapat disamaratakan antara yang yang alami/liar dan budidaya.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan Kelas Gaharu Kayu Alami/Liar harganya dapat mencapai miliaran rupiah bahkan puluhan miliar rupiah pada jenis dan bentuk tertentu.

Berikut data harga Gaharu di Indonesia per Januari-Desember 2015 yang berhasil kami himpun dari berbagai wilayah di Indonesia. Untuk mendapatkan daftar harga lengkap (sebagian disertai gambar) via email, silahkan KLIK DISINI dan ikuti langkah-langkahnya. Terima kasih.