Harga Gaharu Terbaru 2017

Harga Gaharu Terkini

Harga gaharu saat iniBanyak yang tidak tahu jika saat ini pasar gaharu sedang mengalami penurunan sehingga membuat saya tergelitik untuk menulis artikel ini agar kita semua memahami perkembangan pasar yang sedang terjadi karena masih banyak teman-teman yang tidak menyadarinya sehingga terlalu memaksakan diri untuk menawarkan gaharunya dengan harga yang, ehem, tinggi.

September 2014 adalah klimaks pasaran gaharu dunia sejak awal perdagangan gaharu setidaknya sejak tahun 2007 lalu. Setelah itu mengalami penurunan hingga saat ini.

Hal tersebut bukanlah karena gaharu sudah tidak dibutuhkan lagi, gaharu akan tetap dipakai dan dibutuhkan manusia sampai kiamat bahkan akan dipergunakan kembali oleh para penghuni surga sebagai salah satu wewangian surgawi. Penurunan pasar tersebut melainkan karena kondisi ekonomi yang memburuk sejak dua tahun silam. Kita tahu di berita-berita mengenai meluasnya konflik di Timur Tengah, naiknya tensi Laut China Selatan, perlambatan ekonomi global, merupakan faktor-faktor penyebanya.

Jadi semuanya ini merupakan suatu hal yang wajar dan tidak hanya terjadi pada komoditas gaharu saja melainkan terhadap komoditas-komoditas lainnya.

Lantas apa yang harus kita lakukan dalam kondisi yang seperti ini? Apakah permintaan terhadap gaharu saat ini drastis tidak ada sama sekali? Oh, tidak juga. Untuk beberapa kategori tertentu masih ada yang mencarinya. Jika Anda Member of Gaharuda, silahkan konfirmasi ke Admin untuk mendapatkan informasinya. Jika Anda belum terdaftar di Komunitas Gaharuda, silahkan KLIK DISINI!