Gaharu Warisan Leluhur Nusantara

Pohon Gaharu Termahal di DuniaPernahkah Anda bertanya, mengapa gaharu begitu sakral, banyak manfaatnya, dan valuable? Mengapa hampir seluruh agama di dunia mengenal dan menggunakan gaharu? Mengapa gaharu saat ini hanya tumbuh daratan ada di Asia Tenggara? Mengapa Indonesia adalah pusat penghasil gaharu terbesar di dunia?

Disisi lain, mengapa gaharu disebut pohon kehidupan? Pohon dari surga? The king of wood? The king of tree?

Sejatinya membakar gaharu itu bukanlah budaya bangsa Arab, China, Jepang, maupun bangsa lainnya di dunia ini. Melainkan budaya leluhur bangsa Indonesia kuno sebagai pusat peradaban manusia dimasa lampau. Gaharu dan penggunaannya adalah fitrah kehidupan manusia mulai dari surga, turun ke bumi, dan akan kembali dipergunakan kembali di surga. (Silahkan Anda cari sendiri referensi-referensi otentik mengenai hal ini agar lebih objektif).

Namun sungguh suatu hal yang sangat ironis jika ternyata masih banyak saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang tidak mengenal gaharu. Tidak mengetahui sejarahnya. Tidak mengetahui manfaatnya. Apalagi mengambil manfaat dengan cara mengolah, menggunakan, dan melestarikannya sebagaimana yang telah diwariskan oleh para leluhur kita.

Untuk itu, mari mulailah mengenal, mulailah mempelajari, mulailah mencoba, mulailah menggunakan, dan yang lebih penting, mulailah melestarikan dan menanam gaharu untuk kehidupan.