Pohon Gaharu

Gaharu Pohon Termahal di Dunia

Bisnis GaharuGaharu adalah tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat bekualitas tinggi, sehingga sangat baik apabila dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi dan penghasilan masyarakat Indonesia, hampir dari setiap bagian pohon gaharu ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku produk, sehingga hampir tidak ada bagian yang terbuang.

Kualitas terbaik Gubal/Damar Gaharu dapat terjual Rp. 10 juta hingga Rp. 40 juta per ons. Di China jenis kayu tersebut dapat terjual Rp. 400 juta per kg. Di Timur Tengah harganya mencapai Rp. 200 juta per kg. Saat ini China meminta kuota Gaharu dari Indonesia sebesarĀ 500 ton per tahun. Untuk itu pemerintah mentargetkan kuota ekspor Gaharu sebesar 1.000 ton per tahun.

Indonesia mulai mengekspor secara langsung kayu gaharu (sejenis damar) ke Tiongkok setelah sebelumnya melalui negara perantara seperti Taiwan, Singapura, dan Hong Kong. Di pasar internasional, permintaan gaharu mencapai 4.000 ton per tahun dan Tiongkok telah menjadi salah satu importir gaharu terbesar sebanyak 500 ton per tahun. Sebagian besar kayu gaharu Indonesia lainnya diekspor ke Saudi Arabia, Emirat Arab, Taiwan, Singapura, Hong Kong, AS, dan Uni Eropa karena kesulitan menembus langsung pasar Tiongkok.
Dalam lima tahun terakhir total ekspor kayu gaharu Indonesia mencapai 170-573 ton dan menghasilkan devisa sebesar USD 26 juta pada tahun 2006 dan meningkat menjadi USD 86 juta pada 2010. Kayu gaharu yang biasa diekspor berbentuk chips, blok, bubuk, dan minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *